FLOWCHART
Definisi Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung.
Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Disamping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek
Ada dua macam flowchart yang
menggambarkan proses dengan komputer,yaitu:
1.
Flowchart sistem yaitu bagan dengan
simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan prosedur dan proses suatu file
dalam suatu media menjadi file di dalam media lain, dalam suatu
sistempengolahan data.
Beberapa
contoh Flowchart sistem:
2. Flowchart program yaitu bagan dengan
simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses dan hubungan antar
proses secara mendetail di dalam suatu program.
Dalam pembuatan flowchart Program
tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan
gambaran hasil pemikiran dalam menganalisis suatu masalah dengan komputer.
Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram
dengan yang lainnya.
Namun secara garis besar setiap
pengolahan selalu terdiri atas 3 bagian utama, yaitu:
1.
Input,
2.
Proses pengolahan dan
3.
Output
Untuk pengolahan data dengan
komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah:
- START, berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan.
- READ, berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input.
- PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
- WRITE, berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output.
- END, mengakhiri kegiatan pengolahan.
Walaupun tidak ada kaidah-kaidah
yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran:
- Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
- Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
Berikut merupakan beberapa contoh simbol flowchart yang disepakati oleh dunia pemrograman :
http://usupress.usu.ac.id/file/AlgoritmadanPemrograman;TeoridanPraktikdalamPascalEdisiKedua_Normal_bab1.pdf
Google.com
Untuk memahami lebih dalam
mengenai flowchart ini, akan diambil sebuah kasus sederhana.
Kasus:
Buatlah sebuah rancangan program
dengan menggunakan flowchart, mencari luas persegi panjang.
Solusi:
Perumusan untuk mencari luas
persegi panjang adalah:
L = p. l
di mana, L adalah Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l adalah lebar persegi
Keterangan 1:
1. Simbol pertama menunjukkan
dimulainya sebuah program.
2. Simbol kedua menunjukkan bahwa
input data dari p dan l.
3. Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga
dengan menggunakan perumusan L = p. l
4. Simbol keempat menunjukkan
hasil output dari proses dari simbol ketiga.
5. Simbol kelima atau terakhir
menunjukkan berakhirnya program dengan tanda End.
Source :
lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/strukdat1.pdfhttp://usupress.usu.ac.id/file/AlgoritmadanPemrograman;TeoridanPraktikdalamPascalEdisiKedua_Normal_bab1.pdf
Google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar